Tana Tidung Pecahkan Rekor MURI Luntungan Terpanjang

 1 tahun yang lalu  Administrator  353 view

TANA TIDUNG – Pemkab Tana Tidung kembali memecahkan Rekor MURI Dunia-Indonesia.

Kali ini Bumi Upun Taka mencatatkan sejarah rekor MURI luntungan (tempat penumbuk padi/lesung) terpanjang yang sebelumnya diciptakan Kabupaten Malinau pada tahun 2018 dengan panjang 350 meter, sementara Minggu (6/11), Tana Tidung mencatatkan 360 meter.

Costumer Relation Manager MURI, Lutvi S Pradana mengatakan, verifikasi telah dilakukan pagi Minggu (6/11). Hasilnya, panjang lutungan yang ďitampilkan suku Bulusu 360 meter. “Hanya satu saja yang kami catat rekor MUR hari ini yakni rangkaian luntungan terpanjang,” sebut Lutvi kepada Radar Tarakan. 

Dikatakan, setiap luntungan memiliki panjang 20 meter yang dirangkaikan menjadi satu dalam bentuk U di lapangan Stadion Mini RTH Joesoef Abdulah Tideng Pale, Tana Tidung menjadi 360 meter.

Sementara Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengatàkan, suku Bulusu dan Tidung terbanyak di Kabupaten Tana Tidung.Ke depan semua adat dan budaya kedua suku asli di Tana Tidung tersebut akan diinventarisir dan dilestarikan lewat Festival Budaya Irau.

“Kita berharap festival budaya suku Bulusu dan Tidung masuk dalam Pesona Indonesia yang insyaallah akan digelar setiap tahun,” kata Bupati.Festival Budaya Irau 2022 merupakan yang pertama digelar di kepemimpinan Bupati Ibrahim Ali dan Wakil Hendrik.

“Alhamdulillah masyarakat menyambut antusias, penilaian orang luar Tana Tidung, Irau Tana Tidung sangat spektakuler dan sangat kreatif,” ungkapnya.Ke depan, sambung Ibrahim Ali, akan digelar lebih meriah lagi. Event ini akan dievaluasi agar tahun berikutnya bisa dilaksanakan dengan baik dan maksimal lagi.

Di kesempatan ini Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Tana Tidung Jamhari dan tamu VIP lainnya secara simbolis turut menumbuk padi bersama 800 penumbuk padi lainnya diiringi lagu dan musik tradisional khas suku Bulusu.

Luntungan merupakan alat penumbuk padi suku Bulusu.

Sebelumnya Bupati bersama dengan tamu VIP lainnya juga mengikuti jepen massal yang juga diikuti warga Tidung yang ada di Tarakan, Nunukan, Tarakan, Malinau dan Bulungan.

 

Sumber :

Radar Tarakan

https://radartarakan.jawapos.com/daerah/tana-tidung/06/11/2022/tana-tidung-pecahkan-rekor-muri-luntungan-terpanjang/